arvanpradiansyah
Jadwal Radio Talk Show Arvan Pradiansyah - Bisakah Saya Menjadi Pemimpin Spiritual? - Saya Ingin Bekerja Sesuai Passion, Haruskah Saya Pindah Kerja?

Konsultasi Happiness

Bagaimana Menghadapi Suami Yang Selingkuh?

Selamat pagi Pak Arvan,

Bagaimana sikap saya menghadapi suami yang masih saja berhubungan dengan mantan selingkuhan dengan alasan anak? Sedangkan perempuan selingkuhan itu sudah jadi simpanan dari laki-laki lain dan sudah juga mempunyai seorang anak?
Saya punya dua orang anak, pertama usianya 21 th, dan yang kedua 14 th. Saya bingung, hubungan saya dengan suami sudah seperti rekan bisnis saja, karena bisnis saya tanpa bantuan suami agak sulit.

Kejadian ini sudah terjadi sejak th 2008. Suami saya sekarang tinggal di rumah kontrakan. Saya sudah pernah tanya apa mau seperti ini terus? Dia jawab dia memang mau seperti ini, kalau saya tidak bisa cerai dengan dia akan menyetujuinya.

Yang masih menjadi masalah buat saya yaitu bisnis saya masih bergantung suami, dan biaya juga masih besar. Selama ini suami saya tidak pernah kasih saya uang, dia hanya bantu tenaga saja padahal dia bekerja dengan gaji lumayan besar dan dengan waktu yang tidak terikat.

Saya tidak tahu sebenarnya harus bagaimana, saya masih mengharapkan suami saya kembali pada saya, tetapi suami saya sekarang ini masih bersikap seenaknya.
Semoga Pak Arvan bisa memberi solusi.
Terima kasih

—————————————————————————————————————————————————————————————-

VD yang baik,

Tahukah Anda mengapa suami Anda selaku bersikap seenaknya kepada Anda? Karena ia tahu bahwa Anda sangat bergantung kepadanya. Dengan perilakunya yang seenaknya saja Anda masih mau menerimanya, masih mengharapkannya kembali, masih membutuhkannya untuk membantu bisnis Anda. Lantas, buat apa suami mengubah sikapnya menjadi lebih baik kalau dengan cara seperti ini saja Anda masih mengharapkannya kembali?

Rumah tangga yang baik adalah rumah tangga yang dijalankan dengan saling menghormati, saling menghargai dan saling membutuhkan. Kelihatannya rumah tangga Anda sudah tidak sesuai lagi dengan prinsip-prinsip hubungan yang baik. Suami sudah jelas-jelas menghianati Anda, bahkan ia sudah mempunyai anak dari mantan selingkuhannya itu. Ini membuat situasi menjadi lebih rumit karena mau tidak mau suami pasti memiliki ikatan batin dengan anaknya itu. Yang menarik, mantan selingkuhannya kini menjadi simpanan lelaki lain dan sudah mempunyai anak pula dari lelaki itu. Ini membuat saya berpikir bahwa wanita itu memang seorang “profesional” yang mencari nafkah dengan cara-cara kotor semacam itu. Wanita seperti ini bukan kelas Anda, dan tak pantas “bersaing” dengan Anda dalam mendapatkan perhatian dari suami Anda.
Fakta bahwa suami Anda sekarang sudah tidak mau tinggal serumah dengan Anda dan bahkan menginginkan perceraian saya kira sudah menjadi sebuah bukti yang jelas bahwa ia memang tidak mencintai Anda dan tidak menghargai Anda lagi sebagai seorang istri. Data-data ini saja sudah lebih dari cukup untuk mengatakan bahwa perceraian adalah solusi yang terbaik bagi semua pihak.

Tantangan bagi Anda saat ini adalah mencari partner yang tepat untuk menjalankan bisnis Anda. Saya yakin suami Anda bukanlah satu-satunya orang yang mampu melakukan hal itu dengan baik. Pasti ada banyak orang di dunia ini yang mampu melakukannya. Hanya saja sejauh ini Anda belum menemukannya. Tapi tahukah Anda mengapa Anda belum menemukan orang yang bisa menggantikan posisi suami? Karena Anda masih sangat bergantung kepadanya. Dan selama Anda masih bergantung kepadanya, bawah sadar Anda akan selalu menolak masuknya orang lain yang mungkin memiliki keahlian yang sama baiknya dengan suami Anda.

Jadi saran saya, bercerailah, karena perceraian adalah solusi terbaik saat ini bagi semua pihak termasuk Anda dan kedua anak Anda. Tunjukkan bahwa Anda adalah seorang wanita yang terhormat, yang layak dihormati dan dihargai. Kemudian hilangkan ketergantungan Anda dengan suami, karena keahliannya bukanlah sesuatu yang tak tergantikan. Saya tahu mungkin Anda masih memiliki ketergantungan psikologis pada suami karena dialah yang memahami sejarah bisnis Anda, dialah yang mengetahui latar belakang dan segala sesuatu yang berkaitan dengan bisnis Anda. Tapi sesungguhnya perbuatan buruk yang telah ia lakukan (dan masih dilakukannya sampai sekarang) sama sekali tidak sepadan dengan perbuatan baiknya. Jangan lupa, kalau suami Anda tega menghianati Anda dalam hubungan perkawinan, siapa yang bisa menjamin bahwa ia tidak menghianati Anda dalam hubungan bisnis? Mendengar cerita Anda saya berani menduga bahwa hal ini hanyalah masalah waktu.

Analogi dalam masalah Anda ini adalah amputasi. Kalau ada bagian tubuh kita yang membusuk maka salah satu pilihan terbaik adalah melakukan amputasi. Secara jangka pendek hal ini memang menyakitkan tapi ini akan menyelesaikan masalah secara jangka panjang.

Tinggalkan Komentar Anda

4 Responses to “Bagaimana Menghadapi Suami Yang Selingkuh?”

  1. memang keliatannya lbh baik brcerai, buat apa memprthnkn suami brengsek mcm dia??? Sy jg mengalami nasib yg sama,suami sy selingkuh dg wanita yg tlah brsuami dn beranak istri, sy jiji dg kelakuannya.rendah dn sgt hina!!!:smga anda bs brcerai secepatnya..

    Posted by vio | March 4, 2013, 3:59 am
  2. sama bu problem sy juga sama seperti ibu sekarang jln yang sy pilih membuat surat pernyatan ama dia biar tdk terjadi hal seperti itu lagi klo untuk anak anak kan mereka udah dewasa bisa memilih yg benar to salah.

    Posted by ni ketut suprapti | June 14, 2013, 4:39 am
  3. Saya jg mengalaminya, suami selingkuh dengan orng yg sama mksdnya putus nyambung lagi. Bila perempuannya mendekati pasti saya dijauhi yg saya gk ngerti meskipun ceweknya sdh menghina saya dan kel tp msh saja suami bersikap baik kpdnya. Apa yg harus saya lakukan

    Posted by dea | December 7, 2013, 1:29 pm
  4. Saya jg mengalaminya skrg..tepatnya di usia pernikahan yg terbilang msh muda 1,5 th dan bru memiliki 1 anak berusia 9bln..foto2 mesum beserta pengakuanya bnr2 membuat hilang segala2nya termasuk semangat sy untk menjalani rmhtangga..apa iya sy hrus bercerai dgn dia scpt ini?anak sy msh sgt kecil..sy jijik kl ingat kjdian itu..astgfrlhaladzim

    Posted by aya | March 5, 2014, 5:10 pm

Post a Comment

Bagaimana Menghadapi Suami Yang Selingkuh?

Selamat pagi Pak Arvan, Bagaimana sikap saya menghadapi suami yang masih saja berhubungan dengan mantan selingkuhan dengan alasan anak? Sedangkan perempuan selingkuhan itu sudah jadi simpanan dari laki-laki lain dan sudah juga mempunyai seorang anak? Saya punya dua orang anak, pertama usianya 21 th, dan yang kedua 14 th. Saya bingung, hubungan saya dengan suami [...]


Langganan Artikel

E-mail:

Subscribe
Unsubscribe

Happiness Video

ILM